Quick Notice

group

Tolong di klik, Sekali juga gpp!

Your Ad Here

Cara membuat Karangan Esai

Kamis, 13 Mei 2010 | successful man


Karangan esai merupakan jenis karangan yang paling mudah. Mengapa? Karena karangan ini berisi pendapat kita mengenai suatu hal. Ingat! Pendapat setiap orang dalam suatu masalah berbeda-beda, jadi kita pun bebas menuangkan pendapat kita di esai. Walau pun demikian, karangan meski dibuat sesuai aturan pada umumnya. Berikut cara membuat karangan esai:

1. Pilih topik yang akan dibahas
    Usahakan memilih topik yang sedang hangat diperbincangkan sehingga menarik untuk dibaca. Pilihlah topik yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak bukan cuma perseorangan. Contoh topik yang baik, yaitu: Kerusakan lingkungan, Kemiskinan, Kehidupan politik, dll.

2. Membuat kerangka yang padu
    Kerangka esai terdiri dari: pembukaan, isi dan penutup. Pembuakaan berisi tentang pentingnya topik yang akan kamu bahas atau mengapa kamu memilih topik tersebut. Isi berisi pokok permasalahan dalam karangan, biasanya terdiri dari definisi, syarat, manfaat, dampak dan solusi. Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan paragraf esai adalah pendapat kita, biasaya berhubungan dengan topik. Sedangkan saran berisi anjuran kita kepada pihak-pihak tertentu dalam menanggulangi masalah yang ada.

Untuk melihat contoh karangan esai klik disini.

Semoga posting saya bisa membantu kawan-kawan sekalian. Terima kasih

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar